Minggu, 23 September 2018

23.26 No comments
Produk Unggulan Desa telah dicanangkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo sejak awal tahun 2018 ini.  Satu desa atau satu kawasan perdesaan dengan satu produk. Berikut ini disajikan berapa potret produk unggulan yang ada di Provinsi Bengkulu pada pertengahan tahun 2018.

Kopi Tutuak dari Desa Suka Negeri.

Kopi berarti kopi tumbuk, metode pengolahan kopi tradisional yang telah terwariskan beberapa generasi dari Bengkulu Selatan. tepatnya di Desa Seuka Negeri Kecamatan Air Nipis. Kopi ini diproduksi  oleh masyarakat desa dan dipasarkan oleh BUM Desa Makmur Jaya Desa Suka Negri.


Ketua Bumdes Makmur Jaya bersama Menteri Desa
Kopi Tutuak berasal dari kopi robusta yang hidup di dataran rendah. Cita rasanya memiliki perbedaan tentunya dengan kopi yang tumbuh di dataran tinggi. Perbedaan ini tentunya dapat dirasakan oleh para penikmat kopi. Kopi Tutuak ini telah menunjukkan ekistensinya di Indonesia Archipelago Exibition (ARCHEX) 2018 Kuala Lumpur Malaysia.

Kemasan Kopi Tutuak

Pepaya Kalifornia dan Olahannya dari Desa Lawang Agung.

Pepaya kaliforinia mulai dinikmati konsumen buah. Dengan rasa yang manis dan tahan lama, tidak mudah bonyok dan masa matengnya lama. Pepaya ini dibudiayakan dan menjadi produk unggulan Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. Pemasaran produk ini melalui BUM Desa Jaya Mandiri Desa Lawang Agung.

Pepaya dan Olahanya Prudes Lawang Agung
Budidaya pepaya ini dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani. Pepaya kalifornia tidak saja dinikmati dalam bentuk buah segar akan tetap juga berupa dodol pepaya dan  stik pepaya. Wah seperti apa rasanya ya...




0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke situs ini. Silahkan isi komentar/tanggapan anda

Recent Post

Popular Posts

Blog Archive