Minggu, 05 November 2017

22.31 , No comments


Rumah Turbin PLTMH

Mikrohidro adalah pembangkit listrik tenaga air skala kecil (bisa mencapai beberapa ratus kW). Relatif kecilnya energi yang dihasilkan mikrohidro (dibandingkan dengan PLTA skala besar) berimplikasi pada relatif sederhananya peralatan serta kecilnya areal tanah yang diperlukan guna instalasi dan pengoperasian mikrohidro. Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan mikrohidro, yakni tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

Mikrohidro cocok diterapkan di pedesaan yang belum terjangkau listrik dari PT. PLN. Mikrohidro mendapatkan energi dari aliran air yang memiliki perbedaan ketinggian tertentu. Energi tersebut dimanfaatkan untuk memutar turbin yang dihubungkan dengan generator listrik. 

Mikrohidro bisa memanfaatkan ketinggian air yang tidak terlalu besar, misalnya dengan ketinggian air 2.5 m bisa dihasilkan listrik 400 W. Potensi pemanfaatan mikrohidro secara nasional diperkirakan mencapai 7,500 MW, sedangkan yang dimanfaatkan saat ini baru sekitar 600 MW. Meski potensi energinya tidak terlalu besar, namun mikrohidro patut dipertimbangkan untuk memperluas jangkauan listrik di seluruh pelosok nusantara.


Kekurangan pasokan listrik untuk kebutuhan sehari-hari, kini semakin dirasakan, sehingga sering dilakukan giliran pemadaman. Apa lagi di pedesaan masih banyak yang belum tersentuh atau dialiri aliran listrik. Salah satu alternatif yang bisa dikembangkan adalah pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Penyediaan energi yang memadai dan ramah lingkungan, salah satunya adalah tenaga listrik tenaga mikro hidro.

Listrik ini dapat dibuat untuk keperluan tingkat kabupaten, kecamatan, desa atau bahkan skala rumah tangga, tergantung dari besar kecilnya ”pembangkit” yang tersedia dan air yang mengalir untuk menggerakkan turbin penghasil listrik.

Saran untuk Dibaca:


Di beberapa tempat telah dikembangkan tehnik ini, misalnya di daerah pegunungan di Jawa Barat, beberapa masyarakat membuat mikro hidro atau kadang kincir air, yang hanya menghasilkan listrik untuk kebutuhan rumah tangga, dengan biaya yang murah dan tidak memerlukan debit air yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke situs ini. Silahkan isi komentar/tanggapan anda

Recent Post

Popular Posts

Blog Archive