Kamis, 30 November 2017

12.20 No comments
Kegiatan Louncing dan Bedah Buku Rural Economic Menggerakkan Ekonomi Desa di laksanakan pada hari ini 30 November 2017 di Aula Utama Kementrian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada pukul 1300 - 17.00 WIB.


Rural Economic Menggerakkan Ekonomi Desa


Banyak sekali simpul-simpul yang ada di desa, dari yang bersifat informal sampai kepada lembaga formal. Mereka memiliki peran yang besar dalam menggerakkan ekonomi desa. Seperti toke, tengkulak, pedagang pasar harian, warung sampai dengan yang terlembaga seperti kelompok tani dan gabungan kelompok tani (gapoktan), koperasi, kelompok arisan majelis taklim, kelompok dasa wisma dan masih banyak lagi kelompok ekonomi yang berperan di desa dan merka mempunyai peran tersendiri.

Disamping itu ada juga lembaga yang telah berdiri dari program Kementrian Dalam Negeri seperti adanya UEDSP (Unit Ekonomi desa Simpan Pinjam), UPKD (Unit pengelola Keuangan desa) yang berkembang menjadi LKM dan juga koperasi. Program dari kementerian pertanian dengan LKMA (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis), serta ada lagi dari kementian kelautan untuk daerah pesisir seperti PEMP dan lain sebagainya yang berbasis di pedesaan. Bagaimana untuk mensinergikan itu semua untuk bergerak sejalan dalam pengembangan ekonomi Desa? Apa kaitan dan peran BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) terhadap kelembagaan eknomi dan kegiatan informal yang ada di desa? Serta bagaimana peran pemerintah desa dalam mengatur keberadaan entitas ekonomi desa tersebut? Jawabannya kita tunggu saja bagaimana hasil diskusi dan bedah bukunya.

Berikut ini berita pelaksanaan kegiatan lounching buku. Mungkin sangat berbeda dengan harapan atau perkiraan yang telah ditulis diatas. Bagi yang sudah membaca bukunya silahkan sharing di komentar ini .

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke situs ini. Silahkan isi komentar/tanggapan anda

Recent Post

Popular Posts

Blog Archive