Selasa, 15 Agustus 2017

23.00 No comments
Masyarakat desa membutuhkan saran dan prasarana untuk mendukung ekonomi desa agar dapat tumbuh berkembang dengan cepat. Perkembangan ekonomi desa akan memberikan peluang usaha bagi masyarakat desa dan menekan jumlah masyarkaat miskin di desa. Ada banyak jenis sarana dan prasarana yang sebagian dapat mendukung ekonomi desa, termasuk sarana dan prasarana transportasi, elektrifikasi, telekomuniksai, dan air bersih. Ada juga prasara khusus pendukung ekonomi desa. Kegiatan khsusus perekonomian  desa melalui pembangunan sarana dan prasarana desa menciptakan kesempatan kerja untuk masyarakat desa, termasuk untuk perempuan dan masyarakat miskin.

Prasarana transportasi desa seperti jalan, jembatan dan tambatan perahu sangat penting untuk mendukung ekonmi desa, selain mendukung pendidikan, kesehatan dan kualitas hidup masyarakat desa. Prasarana transportansi mempermudah mobilitas masyarakat desa untuk mengembangkan usaha mencapai akses pelayanan dasar yang ada di kecamatan, kabupaten dan ibu kota.

Kegiatan elektrifikasi desa juga mendukung pengembangan ekonomi desa karena masyarakat desa dapat bekerja sepanjang hari. Elektrifikasi juga mendukung kegiatan pendidikan dan kesehatan. Demikian juga telekomunikasi desa. Dengan sarana telekomunikasi masyarakat desa dapat menerima inforamsi yang sangat penting dan membantu dalam pengembangan usaha. Adanya telekomunikasi desa warga desa dapat mengetahui harga barang, kesempata kerja dan perubahan aturan yang berlaku. disamping itu warga desa dapat memperoleh informasi bidan pendidikan, kesehatan, pertanian dan lain sebagainya.

Hal tersebut diatas merupakan bagian pendahuluan dari BUKU TEKNIS SARANA DAN PRASARANA PENDUKUNG EKONOMI DESA. Jika mau tau isinya lebih dalam maka dapatkan Ebooknya.

Selengkapnya silahkan download bukunya disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke situs ini. Silahkan isi komentar/tanggapan anda

Recent Post

Popular Posts

Blog Archive