Kamis, 19 Oktober 2017

14.16 , No comments
Umbul (Tebat) Ponggok Andalan BUMDes
KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi keberadaan sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memberikan keuntungan yang besar bagi pemasukan desa. Selain penting sebagai salah satu sumber PAD, unit usaha desa bisa menggerakkan ekonomi warga sekitar.

Salah satu BUMDes yang berhasil mempraktekkan kesuksesan itu di Desa Ponggok Kecamatan Polan Harjo, Kabupaten Klaten. BUMDes tersebut menghasilkan pemasukan Rp 5 miliar yang memilih fokus pada bidang wisata air.

"Saya mengapresiasi tinggi, apalagi ini sahamnya sebagian dimiliki masyarakat desa. Jadi sebagian pendapatan dibagi ke masyarakat," kata Ganjar, Rabu (15/6/2016).

Desa Ponggok kini memiliki satu destinasi wisata air yang diberi nama Istana Ponggok. Wisata yang dikelola desa itu tiap hari dikunjungi 600 wisatawan. Ketika akhir pekan, pengunjung bisa sampai 1.500 orang.

Menurut Ganjar, setiap desa memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi sebuah industri kreatif. Potensi bisa dimunculkan sesuai kekhasan wilayah setempat.

Dia juga mencontohkan BUMDes di Kabupaten Purbalingga yang berbasis pada sektor pertanian. Di sana dibangun unit usaha pertanian buah stroberi hingga menyetor PAD hingga Rp 1 miliar.

"BUMDes yang sukses seperti Ponggok menarik, inspiratif untuk dijadikan rujukan. Kalau di tempat lain belum ada, bisa belajar di sini," kata mantan anggota DPR RI ini.

"Saya juga cukup apresiasi karena sebagian pendapatan yang dibagi ke masyarakat tak mampu, serta beasiswa S1 bagi warga asli sini," tambah dia.

Sumber : Kompas.com 15 Juni 2016.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke situs ini. Silahkan isi komentar/tanggapan anda

Recent Post

Popular Posts

Blog Archive